Selasa, 11 Mei 2010

Bahan Tambahan Makanan

Bahan Makanan Tambahan Pada Makanan Jajanan Anak
::12 Feb 2007
::Rilis Radio

Bahan Makanan Tambahan pada Makanan Jajanan Anak
Narasumber : dinding Sugihantoro & fajar yulianta
Januari 2006

Makanan Jajanan Anak Ribuan anak-anak kita terancam. Bukan oleh wabah penyakit yang membahayakan, tetapi hanya oleh jenis makanan yang bernama makanan jajanan anak. Padahal jenis makanan inilah yang amat digemari oleh anak-anak khususnya anak-anak usia sekolah. Rasanya sulit sekali memisahkan anak-anak dari makanan jajanan anak. Kesibukan orangtua membawa dampak pada perubahan pola konsumsi anak, dulu orangtua lebih senang membawakan bekal makanan anaknya ke sekolah karena kesibukan orang tua merasa lebih praktis memberikan uang jajan. Hal tersebut didukung dengan maraknya iklan

Bahan Tambahan Makanan Banyak makanan jajanan anak agar mempunyai rasa, warna yang beragam, bisa bertahan lama makanan tersebut tidak lepas dari bahan makanan tambahan. Penggunaan bahan tambahan makanan perlu diwaspadai oleh pemerintah, prosuden maupun oleh konsumen. Masih banyak bahan tambahan makanan yang dapat membahayakan konsumen, terutama anak. Bahan tambahan yang banyak digunakan pewarna, pemanis, penyedap rasa dan aroma, bahan pengawet dll.

Perlindungan Konsumen Anak Untuk memperikan perlindungan kepada konsumen dalam mengkonsumsi makanan jajanan maka perlu peran dari berbagai pihak seperti :
-Pemerintah
Dengan melakukan pengawasan peredaran bahan tambahan makanan berbahaya, sehingga tidak ada lagi dipasaran. Melakukan pembinaan kepada pedagang-pedagang kecil. Melakukan pengawasan terhadap produsen-produsen makanan jajanan anak.
-Pedagang/Produsen
Memproduksi makanan jajanan anak yang sesuai dengan standart pangan dan tidak menggunakan bahan tambahan makanan yang berbahaya.
-Guru
Melindungi dan memberi pengertian kepada murid-muridnya untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan higienis.
-Orang tua
Membekali anaknya dengan makanan yang menarik dan bergizi saat pergi ke sekolah

0 komentar:

Posting Komentar